haha69
haha69
Tim Universitas Primakara Bali juara I nasional lomba startup inovasi


Denpasar (ANTARA) – Tim mahasiswa Universitas Primakara, Bali, dengan menampilkan karya iFixpedia berhasil meraih juara I tingkat nasional dalam ajang lomba startup inovasi yang digelar Kementerian BUMN dan berhasil meraih hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

“Juara II dan III-nya itu tidak main-main. Juara II diraih Telkom University dan juara III Universitas Indonesia. Juara I-nya adalah Universitas Primakara,” kata Rektor Universitas Primakara Made Artana di Denpasar, Sabtu malam.

Artana menyampaikan prestasi bergengsi yang diraih mahasiswanya tersebut dalam sambutannya pada rangkaian Dies Natalis Ke-10 Universitas Primakara sekaligus penutupan XD Fiesta 2023 Primakara bertajuk “Perfect Metamorphosis” di Lapangan Puputan Margarana Denpasar.

“Mudah-mudahan dengan prestasi ini menekankan posisi Primakara sebagai pencetak technopreneur semakin terbukti. Selain itu, kultur berprestasi anak-anak kami juga bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

Baca juga: Akademisi: Bali berpeluang cetak lebih banyak programmer

IFixpedia merupakan platform inovatif berbasis website karya tim mahasiswa Universitas Primakara yang dapat memudahkan masyarakat untuk mencari teknisi servis.

Tim mahasiswa Universitas Primakara ini terdiri atas Sayyidah Amalia Rokhimah, I Komang Adi Galang Permana, Ayu Pradnyandari Dananjaya Erawan, I Putu Radika Badraghita, dan I Putu Gede Bagoes Pantera.

Sebelumnya, tim mahasiswa tersebut juga menang dalam lomba startup di tingkat regional Bali dan Nusa Tenggara.

Menurut Artana, meskipun Primakara sebagai kampus teknologi di Bali baru berusia 10 tahun, namun sudah berhasil mencetak belasan hingga puluhan prestasi setiap tahunnya.

Baca juga: Undhira-Bali terima hibah Program Kewirausahaan Kemendikbud Ristek

“Kami berharap dengan transformasi Primakara yang belum lama ini dari sekolah tinggi menjadi universitas, maka kami bisa berubah menjadi yang lebih baik. Kami bekerja sangat giat, bekerja bersama-sama dan bertransformasi menjadi lebih baik,” ucapnya.

Artana sudah menyiapkan lompatan-lompatan besar untuk mewujudkan visi sebagai perguruan tinggi yang besar dengan kualitas yang sangat baik.

Terlebih saat ini, kata Artana, di tengah tingginya permintaan pasar pada tenaga programmer, digital marketer maupun User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang tentunya bisa dicetak oleh Universitas Primakara.

“Kontribusi Primakara harus sangat jelas. Kami ingin menjadi bagian dari transformasi ekonomi Bali, bagaimana membuat perekonomian Bali ke depan menjadi lebih sehat secara struktur,” ujarnya.

Baca juga: Lembaga pendidikan wisata di Bali dorong semangat wirausaha masyarakat

Menurut Artana, ketergantungan ekonomi Bali pada pariwisata bisa diturunkan dengan menghidupkan ekonomi kreatif dan digital. “Primakara bisa menjadi penggeraknya,” kata dia.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023