haha69
haha69
PLN alirkan listrik dusun dan desa pada empat kabupaten di NTT

…dengan hadirnya listrik PLN ini akan meningkatkan kesejahteraan warga Desa Wae Codi.

Kupang (ANTARA) – PT PLN (Persero) telah mengalirkan listrik dusun (lidsus) dan listrik desa (lisdes) pada empat kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kami mengapresiasi pemerintah daerah dan masyarakat di Kabupaten Manggarai, Ngada, Ende, dan Sikka yang memberi dukungan kepada PLN sehingga pelaksanaan pembangunan listrik desa dan dusun dapat berjalan dengan lancar,” kata Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Flores¬†Albertus Koko Hendriyanto dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu.

Desa dan dusun yang ada pada empat kabupaten tersebut, yakni Dusun Ledhi, Desa Pape, Kabupaten Ngada, Desa Kanganara dan Dusun Wolobela di Kabupaten Ende.

Selanjutnya Desa Wae Codi, Desa Latung, Dusun Keker dan Kaca Desa Compang Cibal, Dusun I Desa Pagal, Dusun I Desa Wae Mantang, dan Dusun Langke Majok Desa Kole di Kabupaten Manggarai, serta Dusun Wolofai Desa Bu Selatan di Kabupaten Sikka.

Dalam pembangunan jaringan listrik pedesaan sembilan dusun dan tiga desa tersebut, PLN telah menyambung Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 17,41 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 41,48 kms, serta 10 gardu dengan kapasitas 500 kilo Volt Ampere (kVA).

Selanjutnya PLN UP2K telah melaksanakan commisioning test pembangunan jaringan listrik di semua desa dan dusun tersebut sepanjang bulan September 2023.

Albertus menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya aparat dan masyarakat desa yang sudah membantu secara keseluruhan pelaksanaan pembangunan listrik pedesaan hingga listrik bisa dimanfaatkan.

Dia bersyukur ada izin untuk memangkas pohon yang diberikan kepada pihak PLN, sehingga pembangunan jaringan listrik tidak terhambat.

Kepala Desa Wae Codi Bonefasius Sel juga menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah mengalirkan listrik di desa tersebut.

Dia berkomitmen untuk menjaga aset listrik tersebut sebaik mungkin.

“Kami merasa gembira dan tentu saja dengan hadirnya listrik PLN ini akan meningkatkan kesejahteraan warga Desa Wae Codi,” ujarnya pula.

Baca juga: PLN siagakan personel-peralatan sukseskan AMMTC Ke-17 di Labuan Bajo

Baca juga: PLN alirkan listrik bagi 170 kepala keluarga di Pulau Sabu NTT

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023