haha69
haha69
Pelatih Latvia: Menang dari Spanyol kemenangan besar, malam istimewa


Jakarta (ANTARA) – Pelatih timnas basket Latvia Luca Banchi menyebut keunggulan timnya atas juara bertahan Piala Dunia FIBA edisi 2019 Spanyol merupakan kemenangan yang besar dan menjadi malam yang istimewa.

“Ya, kemenangan besar, malam istimewa,” ucap Luca Banchi seusai laga di Indonesia Arena,Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Lativa menang atas Spanyol dengan skor 74-69 pada gim pertama fase grup babak 2, Grup L Piala Dunia FIBA 2023.

Pelatih asal Italia itu sangat bangga atas kemenangan timnya melawan Spanyol. Ia mengapresiasi kerja keras tiada henti selama empat kuarter dari timnya yang merupakan debutan di Piala Dunia FIBA kala menaklukkan tim asuhan Sergio Scariolo tersebut.

Baca juga: Latvia kembali beri kejutan kalahkan juara bertahan Spanyol 74-69

Latvia unggul 17-16 pada kuarter pertama. Mereka kemudian tertinggal tiga poin pada kuarter kedua dengan skor 29-32 dan tertinggal 11 poin dengan skor 47-58 pada kuarter ketiga.

Namun, Latvia tidak menyerah dan mengamuk pada kuarter terakhir dimana 27 poin mampu mereka rebut dan menutup laga dengan kemenangan 74-69.

“Sekitar 40 menit, usaha yang luar biasa. Saya sangat bangga dengan cara kami bertahan dalam permainan ini, meskipun ada momen kecil di mana kami goyah sebagai sebuah tim di kuarter ketiga, namun secara umum sangat baik,” ujar Luca Banchi.

Kemenangan itu menjadi kemenangan kedua yang diraih Latvia dari tim-tim unggulan Piala Dunia FIBA 2023 setelah sebelumnya mengalahkan Prancis di fase grup babak 1 Grup H dengan skor 88-86, Minggu (27/8).

Sebagai pelatih, Luca Banchi tidak ingin timnya terlalu bereuforia atas dua kemenangan itu. Ia meminta anak-anak asuhnya rendah hati dan menatap setiap pertandingan berikutnya dengan semangat yang sama.

Baca juga: Pelatih Spanyol : Permainan buruk kuarter keempat sebabkan kekalahan

“Jadi saya sangat berharap teman-teman tetap rendah hati dan menghadapi pertandingan berikutnya dengan kemauan dan keinginan yang sama seperti yang mereka lakukan sejak awal petualangan kami,” ucap Luca Banchi.

Keempat tim di fase grup babak 2, Grup L meraih poin yang sama yaitu tujuh poin, hasil dari tiga kemenangan dan satu kekalahan.

Hasil tersebut membuat semua tim di Grup L mempunyai peluang yang sama menjadi dua terbaik untuk lolos ke babak perempat final.

Latvia akan menghadapi Brasil, tim yang baru saja menang dari tim kuat Kanada dengan skor 69-64, pada laga pamungkas yang akan dimainkan pada Minggu (3/9) pukul 16.45 WIB di Indonesia Arena.

Baca juga: Brasil kalahkan Kanada, semua tim Grup L berpeluang ke perempat final

Baca juga: Akui Brasil bermain lebih baik, Kanada menyongsong laga lawan Spanyol

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023